MAKASSAR, MATANUSANTARA –Salah seorang warga Ujungtanah keluhkan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang mengalir tidak meratah di wilyahnya.
Keluhan itu dibeberkan kepada media lantaran pengaduannya ke pihak PDAM Makassar tidak diberikan solusi melainkan hanya pencerahan.
Pelanggan PDAM kota Makassar Keluhkan Air Tidak Mengalir Diwilayah Ujung Tanah
“Saya herang dengan pihak PDAM, kami keluhkan air yang mengalir di wilayah kami tidak meratah, bukannya memberi solusi melainkan saya diberikan pencerahan” ungkap Heriyanto Cecep kepada media, Selasa (01/07/2025)
Ia juga mengaku bahwa air yang mengalir tidak merata itu sudah berlansung kurang lebih 1 (satu) bulan, dan sempat pihak PDAM Makassar pada hari Kamis 26 Juni 2025 mendatangi rumahnya, namun tidak membuahkan hasil yang seperti diharapkan.

“Pada saat teknisi PDAM Makassar datang kerumah, dia hanya membersihkan kilometer air saya, namun hasilnya tidak ada, jadi saya kembali melapor, namun laporan saya hanya ditanggapi dengan janji-janji hingga detik ini” ungkap Cecep (sapaan akrab)
Ratusan Karyawan PDAM Makassar Resmi Putus Kontra
Diketahui Cecep juga seorang jurnalis selaku Korwil Media Online KeizalinNews.Com wilayah Sulsel, menegaskan pelayanan PDAM Makassar diduga tidak memuasakan.
“Terus terang saya sangat kecewa, lantaran hingga saat ini air bersih yang kami harapkan sama sekali tidak mengalir, saya sebagai jurnalis yang berfungsi kontrol sosial akan bertindak, agar hak-hak pelanggang PDAM khususnya di wilayah Ujungtanah bisa didapatkan sebagaimana mestinya” katanya
Kasasi JPU Kejati Sulsel Ditolak Hakim MA Terkait Vonis Bebas Terdakwa Korupsi PDAM Makassar
Ia juga sangat perihatin atas pelayanan PDAM Makassar yang diduga tidak bertanggung jawab kepada pelanggang setianya.
“Yang saya kasian orang yang tidak kebagian air bersih di wajibkan membayar tiap bulan, menurut saya patut dipertanyakan kinerja PDAM Makassar, saya akan menyurat ke Walikota Makassar, jika pihak PDAM tidak memberikan kami solusi” tegasnya
Penjelasan Humas PDAM Makassar
Sebelumnya, Cecep juga konfirmasi ke Kepala Bagian Humas PDAM Makassar, Fazad Azizah, namun tidak diberikan solusi namun pencerahan.
Kecurangan Oknum Royal Apertemen Makassar Terbongkar, PDAM Ditaksir Rugi Rp. 1,4 M
“tabe pak sedikit saya jelaskanki mengenai kondisi sekarang yang pertama, kondisi supply air dari IPA panaikang mengalami penurunan yang biasa nya 500 liter/detik, sekarang rata-rata hanya 300 liter/detik. hal ini berdampak khususnya kepada pelanggan yang berada di ujung pipa ditribusi” jelasnya melalui via pesan singkat Whatsaap, Selasa (01/07)
Kemudian yang kedua, kata Fazad, diameter pipa existing kita sudah tidak sebanding dengan jumlah pelanggan yang akan dilayani. karena diameter pipa memiliki batas maksimum air yang bisa dialirkan.
“Semakin besar pipa semakin banyak air yang bisa dialirkan. Disatu jalur pipa bisa saja terjadi pelanggan yang berada dekat dengan sumber (pipa distribusi utama) bisa dapat air sementara yang di tengah dan ujung tidak dapat air” jelasnya.
Yang ketiga kata Fasad, sistem supply air ke wilayah 1 dari IPA Panaikang dialirkan secara grafitasi. secara grafitasi itu membutuhkan air yang besar atau banyak agar tekanan air bisa sampai ke pelanggan